INTEGRASI NILAI-NILAI KE-ISLAMAN DALAM PEMBELAJARAN MAKHLUK HIDUP DI SMA MAMBA’US SHOLIHIN TERPADU BLITAR
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan di SMA MAMBA‟US SHOLIHIN
Terpadu Blitar. Data penelitian dikumpulkan melalui pengamatan, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil
penelitian ini bahwa: Kebijakan pelaksanaan integrasi nilai-nilai ke-Islaman dalam Pembelajaran Makhluk
Hidup adalah didasarkan pada aspek historis (sejarah) dan filosofis yaitu Visi dan Misi SMA MAMBA‟US
SHOLIHIN terpadu Blitar. Model pelaksanaan integrasi nilai-nilai Ke-Islaman dalam pembelajaran Makhluk
Hidupdi SMA MAMBA‟US SHOLIHIN Terpadu Blitar dalam pelaksanaan sebatas pada penelusuran ayat-ayat
terkait dengan materi yang akan disajikan. Model pembelajaran menggambarkan konsep integrasi interkoneksi
ini dengan visualisasi jaring laba-laba keilmuan (scientific spider web) . Dalam pelaksanaan integrasi nilai￾nilai Ke-Islaman SMA MAMBA‟US SHOLIHIN Terpadu Blitar memilki daya dukung yang memadai diantaranya
adalah adanya aktifitas MGMP yang membantu dalam menelusi ayat-ayat yang terkait materi. Selain itu sarana
prasarana dan pelatihan yang digelar oleh pihak sekolah sangat membantu dalam memberikan pemahaman
tentang konsep integrasi yang akan dilaksanakan dalam proses pembelajaran. Faktor penghambat sebagai titik
kelemahan dari pelaksanaan integrasi nilai-nilai ke-Islaman dalam pembelajaran Makhluk Hidup adalah
kemampuan guru khususnya pada mata pelajaran Makhluk Hidup, yang kurang memahami materi yang
diintegrasikan. Selain itu faktor utama adalah pelatihan-pelatihan yang sangat minim dilakukan oleh pihak
sekolah.
Keyword: Integrasi, nilai Ke-Islaman, Pembelajaran Makhluk Hidup
Terpadu Blitar. Data penelitian dikumpulkan melalui pengamatan, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil
penelitian ini bahwa: Kebijakan pelaksanaan integrasi nilai-nilai ke-Islaman dalam Pembelajaran Makhluk
Hidup adalah didasarkan pada aspek historis (sejarah) dan filosofis yaitu Visi dan Misi SMA MAMBA‟US
SHOLIHIN terpadu Blitar. Model pelaksanaan integrasi nilai-nilai Ke-Islaman dalam pembelajaran Makhluk
Hidupdi SMA MAMBA‟US SHOLIHIN Terpadu Blitar dalam pelaksanaan sebatas pada penelusuran ayat-ayat
terkait dengan materi yang akan disajikan. Model pembelajaran menggambarkan konsep integrasi interkoneksi
ini dengan visualisasi jaring laba-laba keilmuan (scientific spider web) . Dalam pelaksanaan integrasi nilai￾nilai Ke-Islaman SMA MAMBA‟US SHOLIHIN Terpadu Blitar memilki daya dukung yang memadai diantaranya
adalah adanya aktifitas MGMP yang membantu dalam menelusi ayat-ayat yang terkait materi. Selain itu sarana
prasarana dan pelatihan yang digelar oleh pihak sekolah sangat membantu dalam memberikan pemahaman
tentang konsep integrasi yang akan dilaksanakan dalam proses pembelajaran. Faktor penghambat sebagai titik
kelemahan dari pelaksanaan integrasi nilai-nilai ke-Islaman dalam pembelajaran Makhluk Hidup adalah
kemampuan guru khususnya pada mata pelajaran Makhluk Hidup, yang kurang memahami materi yang
diintegrasikan. Selain itu faktor utama adalah pelatihan-pelatihan yang sangat minim dilakukan oleh pihak
sekolah.
Keyword: Integrasi, nilai Ke-Islaman, Pembelajaran Makhluk Hidup
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
How to Cite
Umam, Muhamad Khoirul. “INTEGRASI NILAI-NILAI KE-ISLAMAN DALAM PEMBELAJARAN MAKHLUK HIDUP DI SMA MAMBA’US SHOLIHIN TERPADU BLITAR”. SAMAWAT: Journal Of Hadith and Qur’anic Studies 3, no. 2 (November 29, 2020). Accessed November 14, 2025. https://ejournal.badrussholeh.ac.id/index.php/samawat/article/view/181.
References
- Abdullah, Amin , Islamic Studies diperguran Tinggi, Pendekatan Integratif-Interkoneksi
- (Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2012)
- Akdon ,Strategic Managemen for Educational Management. (Bandung: Alfabeta,2006)
- Bagir,Zainal Abidin , Integrasi Ilmu dan Agama,Bandung:Mizan,2005
- Dimyati, Johni . Pembelajaran Terpadu, Jakarta, Prenadamedia Group, 2016
- Faiz, Fachruddin, Anomali-anomali paradigm integrasi interkoneksi, dalam, Praksis
- Paradigma Integrasi-Interkoneksi dan Transformasi Islamic Studies di UIN Sunan
- Kalijaga ( Yogyakarta : Pasca Sarjana UIN Sunan Kalijaga,2014),h. 109
- Fanani, Zainuddin ,Pengembangan studi Islam dalam dimensi Filososi dalam Studi Islam
- Asia-tenggara(Surakarta: Muhammadiyah Press. 1999)
- Fitriani, Fathma ,â€Pengembangan Bahan Ajar Kimia terintegrasi nilai-nilai Spritual untuk
- Kelas XI SMA/MA Semester I Berdasarkan Kurukulum 2013â€,Tesis, Pasca Sarjana
- UNIMED,2016.
- Hamzah,Faiz ,†Studi Pengembangan Modul pembelajaran IPA berbasis integrasi Islam-Sains
- pada pokok bahasan sistem reproduksi kelasIX Madrasah Tsanawiyah,†dalam
- Adabiyah jurnal Pendidikan Islam, Vol. I,
- Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2008
- Lubis, Suwardi , Metodologi Penelitian Social, ed.1,Blitar , USU Press, 1987
- Majid, Abdul. Pembelajaran Tematik Terpadu ,Bandung,Remaja Rosdakarya,2014
- Miles, Mathew B. And A.Michael Huberman, Qualitatif Data Analysis, terj. Tjejep Rohendi
- Rohidi, Edisi Indonesia: Analisa Data Kualitatif ,Jakarta: UI Press, 1992
- Moleong, Lexy J. Metedologi Penelitian Kualitatif, cet.1, Bandung: Remaja Rosdakarya,
- Muhaimin, Pengembangan Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada
- Sekolah & Madrasah Jakarta: Rajawali Pers, 2009
- Muliati, B., & Umam, M. K. (2019). Phenomenon Of Changes In Increasing Development Of
- Students In Basic School. MIDA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(1), 96-105.
- Mulyana, Rohmat ,Mengartikulasikan Pendidikan Nilai,Jakarta:AlFabeta,2012
- Nasir, Haedar ,Pendidikan Karakter berbasis Agama dan Budaya (Yokyakarta: Multi
- Presindo,2013)
- Nasution,S. Asas-asas Kurikulum ,Jakarta:Bumi Aksara,2008.
- Piliang, Muhammad Zahrin , Makalah Modernisasi Pendidikan Islam, Tinjauan Tentang
- Sekolah Al-ulum Sebagai Integrated Islamic School ,Blitar : Juli 2011
- Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia ,Jakarta:
- Balai Pustaka, 2003
- Riyanto, Waryani Fajar , Integrasi interkoneksi , Jilid 1, Yogyakarta : SUKA-Press,2013
- Sabda, Syaifuddin. Model Kurikulum Terpadu, Iptek dan Imtaq, Ciputat: Quantum Teaching,
- Salim, Metodologi Penelitian Kualitatif , Bandung : Cita Pustaka Media, 2007.
- Sanjaya, Wina. Kurikulum dan Pembelajaran Teori dan Praktik Pengembangan
- Santoso, Mudji , “Hakekat, Peranan dan Jenis-jenis Penelitian, Serta Pola Penelitian Pada
- Pembangunan Lima Tahun Ke VIâ€, dalam Imron Arifin (ed), Penelitian Kualitatif
- dalam Bidang Ilmu-ilmu Sosial dan Keagamaan, (Malang : Kalimashada Press, 1994)
- Sanusi, Achmad , Sistem Nilai ,Bandung: Nuansa Cendikia,2015.
- Sholeh, M. K. U. S. B., & Kediri, P. (2017). STRATEGI ALTERNATIF MEMAJUKAN
- LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI PEDESAAN BERBASIS SEKOLAH
- EXCELLENT.
- Sitorus,Masganti. , Metodologi penelitian pendidikan Islam ,Blitar : IAIN Press,2011
- Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D),
- Bandung : ALFABETA, 2010.
- Suprayogo, Imam ,Paradigma Pengembangan Keilmuan di Perguruan Tinggi Malang :UIN
- Malang Press, 2009
- Syafaruddin, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Hijri Pustaka Utama, 2008.
- Syafaruddin, Manajemen Lembaga Pendidikan Islam, cet.1, Jakarta: Ciputat Press, 2005.
- Tim Dosen Jurusan Administrasi Pendidikan FIP IKIP Malang, Administrasi Pendidikan
- (Malang: IKIP Malang, 1989)
- Trianto, Model Pembelajaran Terpadu, Jakarta: Bumi Aksara, 2014.
- Umam, M. K. (2017). Analisis Lingkungan Strategik Dalam Corak Penyelenggaraan
- Pendidikan Islam. Al-Hikmah: Jurnal Kependidikan Dan Syariah, 5(1), 1-8.
- Umam, M. K. (2017, May). Strategi Alternatif Memajukan Lembaga Pendidikan Islam di
- Pedesaan Berbasis Sekolah Excellent Perspektif Kompetitif Kotemporer.
- In Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars (No. Seri 2, pp. 769-776).
- Umam, M. K. (2018). Imam Para Nabi: Menelusur Jejak Kepemimpinan dan Manajerial Nabi
- Muhammad saw. Al-Hikmah: Jurnal Kependidikan Dan Syariah, 6(1), 59-74.
- Umam, M. K. (2018). Reconstruction of Integrative Islamic Education in The.
- Umam, M. K. (2018). Rekonstruksi Pendidikan Islam Integrasi Dalam Kerangka Pendidikan
- Profetik Transformatif.
- Umam, M. K. (2018). STRATEGI ALTERNATIF MEMAJUKAN LEMBAGA
- PENDIDIKAN ISLAM DI PEDESAAN BERBASIS SEKOLAH EXCELLENT.
- Umam, M. K. (2018). STRATEGI INTELEKTUALISASI PROGESIFITAS MANHAJUL
- AL FIKR KADER AN-NAHDLIYAH.
- Umam, M. K. (2018, April). Reconstruction of Integrative Islamic Education in The
- Transformative Profetical Education Framework. In Proceedings of Annual Conference