INTEGRASI NILAI-NILAI KE-ISLAMAN DALAM PEMBELAJARAN MAKHLUK HIDUP DI SMA MAMBA’US SHOLIHIN TERPADU BLITAR

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Muhamad Khoirul Umam

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan di SMA MAMBA‟US SHOLIHIN
Terpadu Blitar. Data penelitian dikumpulkan melalui pengamatan, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil
penelitian ini bahwa: Kebijakan pelaksanaan integrasi nilai-nilai ke-Islaman dalam Pembelajaran Makhluk
Hidup adalah didasarkan pada aspek historis (sejarah) dan filosofis yaitu Visi dan Misi SMA MAMBA‟US
SHOLIHIN terpadu Blitar. Model pelaksanaan integrasi nilai-nilai Ke-Islaman dalam pembelajaran Makhluk
Hidupdi SMA MAMBA‟US SHOLIHIN Terpadu Blitar dalam pelaksanaan sebatas pada penelusuran ayat-ayat
terkait dengan materi yang akan disajikan. Model pembelajaran menggambarkan konsep integrasi interkoneksi
ini dengan visualisasi jaring laba-laba keilmuan (scientific spider web) . Dalam pelaksanaan integrasi nilai￾nilai Ke-Islaman SMA MAMBA‟US SHOLIHIN Terpadu Blitar memilki daya dukung yang memadai diantaranya
adalah adanya aktifitas MGMP yang membantu dalam menelusi ayat-ayat yang terkait materi. Selain itu sarana
prasarana dan pelatihan yang digelar oleh pihak sekolah sangat membantu dalam memberikan pemahaman
tentang konsep integrasi yang akan dilaksanakan dalam proses pembelajaran. Faktor penghambat sebagai titik
kelemahan dari pelaksanaan integrasi nilai-nilai ke-Islaman dalam pembelajaran Makhluk Hidup adalah
kemampuan guru khususnya pada mata pelajaran Makhluk Hidup, yang kurang memahami materi yang
diintegrasikan. Selain itu faktor utama adalah pelatihan-pelatihan yang sangat minim dilakukan oleh pihak
sekolah.
Keyword: Integrasi, nilai Ke-Islaman, Pembelajaran Makhluk Hidup

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biography

Muhamad Khoirul Umam, STAI BADRUS SHOLEH KEDIRI

P3M
How to Cite
Umam, Muhamad Khoirul. “INTEGRASI NILAI-NILAI KE-ISLAMAN DALAM PEMBELAJARAN MAKHLUK HIDUP DI SMA MAMBA’US SHOLIHIN TERPADU BLITAR”. SAMAWAT: Journal Of Hadith and Qur’anic Studies 3, no. 2 (November 29, 2020). Accessed November 14, 2025. https://ejournal.badrussholeh.ac.id/index.php/samawat/article/view/181.

References

  1. Abdullah, Amin , Islamic Studies diperguran Tinggi, Pendekatan Integratif-Interkoneksi
  2. (Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2012)
  3. Akdon ,Strategic Managemen for Educational Management. (Bandung: Alfabeta,2006)
  4. Bagir,Zainal Abidin , Integrasi Ilmu dan Agama,Bandung:Mizan,2005
  5. Dimyati, Johni . Pembelajaran Terpadu, Jakarta, Prenadamedia Group, 2016
  6. Faiz, Fachruddin, Anomali-anomali paradigm integrasi interkoneksi, dalam, Praksis
  7. Paradigma Integrasi-Interkoneksi dan Transformasi Islamic Studies di UIN Sunan
  8. Kalijaga ( Yogyakarta : Pasca Sarjana UIN Sunan Kalijaga,2014),h. 109
  9. Fanani, Zainuddin ,Pengembangan studi Islam dalam dimensi Filososi dalam Studi Islam
  10. Asia-tenggara(Surakarta: Muhammadiyah Press. 1999)
  11. Fitriani, Fathma ,â€Pengembangan Bahan Ajar Kimia terintegrasi nilai-nilai Spritual untuk
  12. Kelas XI SMA/MA Semester I Berdasarkan Kurukulum 2013â€,Tesis, Pasca Sarjana
  13. UNIMED,2016.
  14. Hamzah,Faiz ,†Studi Pengembangan Modul pembelajaran IPA berbasis integrasi Islam-Sains
  15. pada pokok bahasan sistem reproduksi kelasIX Madrasah Tsanawiyah,†dalam
  16. Adabiyah jurnal Pendidikan Islam, Vol. I,
  17. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2008
  18. Lubis, Suwardi , Metodologi Penelitian Social, ed.1,Blitar , USU Press, 1987
  19. Majid, Abdul. Pembelajaran Tematik Terpadu ,Bandung,Remaja Rosdakarya,2014
  20. Miles, Mathew B. And A.Michael Huberman, Qualitatif Data Analysis, terj. Tjejep Rohendi
  21. Rohidi, Edisi Indonesia: Analisa Data Kualitatif ,Jakarta: UI Press, 1992
  22. Moleong, Lexy J. Metedologi Penelitian Kualitatif, cet.1, Bandung: Remaja Rosdakarya,
  23. Muhaimin, Pengembangan Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada
  24. Sekolah & Madrasah Jakarta: Rajawali Pers, 2009
  25. Muliati, B., & Umam, M. K. (2019). Phenomenon Of Changes In Increasing Development Of
  26. Students In Basic School. MIDA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(1), 96-105.
  27. Mulyana, Rohmat ,Mengartikulasikan Pendidikan Nilai,Jakarta:AlFabeta,2012
  28. Nasir, Haedar ,Pendidikan Karakter berbasis Agama dan Budaya (Yokyakarta: Multi
  29. Presindo,2013)
  30. Nasution,S. Asas-asas Kurikulum ,Jakarta:Bumi Aksara,2008.
  31. Piliang, Muhammad Zahrin , Makalah Modernisasi Pendidikan Islam, Tinjauan Tentang
  32. Sekolah Al-ulum Sebagai Integrated Islamic School ,Blitar : Juli 2011
  33. Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia ,Jakarta:
  34. Balai Pustaka, 2003
  35. Riyanto, Waryani Fajar , Integrasi interkoneksi , Jilid 1, Yogyakarta : SUKA-Press,2013
  36. Sabda, Syaifuddin. Model Kurikulum Terpadu, Iptek dan Imtaq, Ciputat: Quantum Teaching,
  37. Salim, Metodologi Penelitian Kualitatif , Bandung : Cita Pustaka Media, 2007.
  38. Sanjaya, Wina. Kurikulum dan Pembelajaran Teori dan Praktik Pengembangan
  39. Santoso, Mudji , “Hakekat, Peranan dan Jenis-jenis Penelitian, Serta Pola Penelitian Pada
  40. Pembangunan Lima Tahun Ke VIâ€, dalam Imron Arifin (ed), Penelitian Kualitatif
  41. dalam Bidang Ilmu-ilmu Sosial dan Keagamaan, (Malang : Kalimashada Press, 1994)
  42. Sanusi, Achmad , Sistem Nilai ,Bandung: Nuansa Cendikia,2015.
  43. Sholeh, M. K. U. S. B., & Kediri, P. (2017). STRATEGI ALTERNATIF MEMAJUKAN
  44. LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI PEDESAAN BERBASIS SEKOLAH
  45. EXCELLENT.
  46. Sitorus,Masganti. , Metodologi penelitian pendidikan Islam ,Blitar : IAIN Press,2011
  47. Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D),
  48. Bandung : ALFABETA, 2010.
  49. Suprayogo, Imam ,Paradigma Pengembangan Keilmuan di Perguruan Tinggi Malang :UIN
  50. Malang Press, 2009
  51. Syafaruddin, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Hijri Pustaka Utama, 2008.
  52. Syafaruddin, Manajemen Lembaga Pendidikan Islam, cet.1, Jakarta: Ciputat Press, 2005.
  53. Tim Dosen Jurusan Administrasi Pendidikan FIP IKIP Malang, Administrasi Pendidikan
  54. (Malang: IKIP Malang, 1989)
  55. Trianto, Model Pembelajaran Terpadu, Jakarta: Bumi Aksara, 2014.
  56. Umam, M. K. (2017). Analisis Lingkungan Strategik Dalam Corak Penyelenggaraan
  57. Pendidikan Islam. Al-Hikmah: Jurnal Kependidikan Dan Syariah, 5(1), 1-8.
  58. Umam, M. K. (2017, May). Strategi Alternatif Memajukan Lembaga Pendidikan Islam di
  59. Pedesaan Berbasis Sekolah Excellent Perspektif Kompetitif Kotemporer.
  60. In Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars (No. Seri 2, pp. 769-776).
  61. Umam, M. K. (2018). Imam Para Nabi: Menelusur Jejak Kepemimpinan dan Manajerial Nabi
  62. Muhammad saw. Al-Hikmah: Jurnal Kependidikan Dan Syariah, 6(1), 59-74.
  63. Umam, M. K. (2018). Reconstruction of Integrative Islamic Education in The.
  64. Umam, M. K. (2018). Rekonstruksi Pendidikan Islam Integrasi Dalam Kerangka Pendidikan
  65. Profetik Transformatif.
  66. Umam, M. K. (2018). STRATEGI ALTERNATIF MEMAJUKAN LEMBAGA
  67. PENDIDIKAN ISLAM DI PEDESAAN BERBASIS SEKOLAH EXCELLENT.
  68. Umam, M. K. (2018). STRATEGI INTELEKTUALISASI PROGESIFITAS MANHAJUL
  69. AL FIKR KADER AN-NAHDLIYAH.
  70. Umam, M. K. (2018, April). Reconstruction of Integrative Islamic Education in The
  71. Transformative Profetical Education Framework. In Proceedings of Annual Conference