PENGARUH QASHASH FIL QUR’AN TERHADAP AKHLAK KEPRIBADIAN SISWA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Zakaria Firdaus

Abstract

Materi tentang kisah dalam Al Qur’an memiliki peran penting dalam pembentukan kepribadian seseorang, terlebih lagi bagi seorang anak. Oleh karena itu materi kisah dalam Al Qur’an mempunyai peran penting dalam membentuk kepribadian seorang anak. Cenderung kebanyakan anak-anak sangat menyukai materi tentang kisah atau cerita. Banyak kisah-kisah dalam Al Qur’an yang dapat diambil hikmah dan pelajaran yang berharga, yang tujuan dari kisah-kisah itu agar anak-anak senantiasa mentauhidkan Allah, berharap hanya kepada Allah semata, dan hanya mengharapkan ridhonya.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biography

Zakaria Firdaus, STAI Badrus Sholeh Kediri

PBA
How to Cite
Firdaus, Zakaria. “PENGARUH QASHASH FIL QUR’AN TERHADAP AKHLAK KEPRIBADIAN SISWA”. SAMAWAT: Journal Of Hadith and Qur’anic Studies 5, no. 2 (December 19, 2021). Accessed November 14, 2025. https://ejournal.badrussholeh.ac.id/index.php/samawat/article/view/331.

References

  1. Al Mahjub Muhammad, Nudhoriyat Yahilliyat fi al Qishah Al Qur'an, (Beirut : Madrasah Ar Risalah, 1971)
  2. Al Syirbasiy Ahmad, Sejarah Tafsir Al Qur'an terj. Tim Pustaka Firdaus Jakarta : Pustaka Firdaus, 1985
  3. Al-Qaththan Manna' Al Khalil dalam Usman, Ilmu Tafsir, (Yogyakarta : Teras, 2009)
  4. Anis Ibrahim, Al Mu'jam Al Wasith, (Cairo, Majma' Al Lughah Al Arabiyyah)
  5. Ash Shidiqi Hasby, Ilmu-ilmu Al Qur'an, (Jakarta : Bulan Bintang, 1972
  6. Hanafi A., Segi-segi Kesusasteraan pada Kisah-Kisah Qur;an, (Jakarta, Pustaka : Al Husna, 1983)
  7. Hasbi Ash Shiddiqie, Ilmu-ilmu Al qur'an, Bulan Bintang, Jakarta, Cet. III. 1993
  8. Ibrahim Abdul Ltif, Zubdah Al Mufraddat, (Bairut Dar Al Ma'rifah, Cetakan Pertama, 1998 M)
  9. Junaidi, AF 2004, "Konsep Al Qur'an dalam Pendidikan Spiritual Anak Melalui Kisah-kisah dalam Jurnal Fenomena UII vol 2
  10. Khallafulloh, Al Fann al Qassasi fi Al Qur'an al Karim, Kairo : An Nahdhoh al Musriyah, 1957
  11. Kusmayadi, Muhammad Agus, 2001. Profil Kepribadian Siswa Berprestasi Unggul dan Anshor berdasarkan Progam Study
  12. Lubis Ismail, Kisah dan Pendidikan, dalam jurnal al Jamiah No. 43 th. 1990, Yogyakarta IAIN Sunan Kalijaga 1990
  13. Munawir Fajrul dkk. Al Qur'an, (Yogyakarta : Pokja Akademik UIN Sunan Kalijaga, 2005)
  14. Najati Muhammad Utsman, Psikologi dalam Al Qur'an: Terapi Al Qur'an dalam Penyembuhan Gangguan Kejiwaan, terj. M. Zaka al-Farisi (Bandung Pustaka Setia, 2005)
  15. Quthb Sayyid, Indahnya Al Qur'an Berkisah, (Jakarta : Gema Insani, 2004)
  16. Shihab M. Quraish, Mukjizat Al Qur'an ditinjau dari Aspek Kebahasaan, Isyarat Ilmiah dan Pemberitaan Ghaib, (Bandung : Mizan, 1998)
  17. Yunus Mahmud, Kamus Arab-Indonesia
  18. Yusuf dan Nurihsan, Teori Kepribadian, (Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2007)
  19. Zuhairini, dkk, Filsafat Pendidikan Islam (Jakarta : Bumi Aksara, 2004)