HADIST DITINJAU DARI KUALITAS SANAD DALAM PROSES ISTIMBATH HUKUM

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Maftah Rozani Al Am

Abstract

Hadist terus dievaluasi sehingga nyaris tidak ada suatu disiplin ilmu yang tingkat kehati-hatiannya dalam merujuk sumber, seteliti seperti yang dialami ilmu hadis. Ulama demikian ketat melakukan seleksi terhadap hadist. Setelah diukur dari sisi bilangan sanad yang menghasilkan hadist mutawatir dan ahad dengan berbagai pencabangannya. Oleh karena itu, dalam makalah ini penulis akan memaparkan tentang Hadist Mutawatir, Masyhur dan Ahad. Status Wurud Dan Kehujjahan Hadist, Hukum hadist baik istilahi maupun ghairu istilahi tidak seluruhnya dinyatakan shahih atau tidak shahih, tetapi tergantung kepada hasil penelitian atau pemeriksaan para ulama. Akan tetapi hadist yang berkualitas shahih memiliki kelebihan untuk ditarjih.
Keywords: Hadist, Kualitas, Hukum

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Al Am, Maftah Rozani. “HADIST DITINJAU DARI KUALITAS SANAD DALAM PROSES ISTIMBATH HUKUM”. SAMAWAT: Journal Of Hadith and Qur’anic Studies 3, no. 2 (November 29, 2020). Accessed November 14, 2025. https://ejournal.badrussholeh.ac.id/index.php/samawat/article/view/242.

References

  1. Hanur, B. S. A., Umam, M. K., & Zuhriyah, N. (2020). MEMANTIK PERKEMBANGAN FISIK MOTORIK ANAK USIA DINI MELALUI PEMBERIAN GIZI SEIMBANG DALAM PERSFEKTIF AL QURAN DAN HADIST. SAMAWAT, 3(2).
  2. Hassan, Qodir, Penerangan Ilmu Hadiest Juz 1-2,Bangil:Al-Muslimun, (1966)
  3. Ismail, Shuhudi, Ulumul Hadist I-IX, Jakarta: DITBINPERTA Islam,( 1993)
  4. Ismail,shuhudi, Hadist Nabi Menurut Pembela Pengingkar Dan Pemalsunya, Jakarta: Gema Insani Press,( 1995 )
  5. Ismail,Shuhudi, Metodologi Penelitian Hadist Nabi, Jakarta: PT.Bulan Bintang,( 2007 )
  6. Khon, Abdul Majid, Ulumul Hadist, ( Jakarta : AMZAH )
  7. Muliati, B., Umam, M. K., & Purwasih, G. D. (2020). KONSEP DASAR PENDIDIKAN SENI RUPA MADRASAH IBTIDAIYAH. el-Mubtada: Journal of Elementary Islamic Education, 1(2).
  8. Rohmawati, A., Umam, M. K., & Alaydrus, M. F. (2020). STRATEGI PEMBELAJARAN YANG BERORIENTASI PADA AKTIVITAS PESERTA DIDIK. el-Mubtada: Journal of Elementary Islamic Education, 1(2).
  9. Salam, Bustamin Isa,Metodologi Kritik Hadist, Jakarta: Raja Grafindo Persada, (2004 )
  10. Smeer,B Zeid, Ulumum Hadist Pengantar Studi Hadist Praktis. Malang, UIN- Malang Press
  11. Thahhan, Mahmud, Intisari Ilmu Hadist. Malang:UIN-Press, (2007)
  12. Umam, M. K. (2018). Reconstruction of Integrative Islamic Education in The.
  13. Umam, M. K. (2018). Rekonstruksi Pendidikan Islam Integrasi Dalam Kerangka Pendidikan Profetik Transformatif.
  14. Umam, M. K. (2018). STRATEGI INTELEKTUALISASI PROGESIFITAS MANHAJUL AL FIKR KADER AN-NAHDLIYAH.
  15. Umam, M. K. (2019). DIMENSI KEPEMIMPINAN TRANSFORMATIF ERA DISRUPSI PERSPEKTIF MANAJERIAL BIROKRASI. AL-WIJDÃ N: Journal of Islamic Education Studies, 4(2), 127-146.
  16. Umam, M. K. (2019). KOMITE MADRASAH DALAM KONTEKS MANAJEMEN MUTU TERPADU PENDIDIKAN ISLAM. Al-Hikmah: Jurnal Kependidikan Dan Syariah, 7(1), 39-56.
  17. Umam, M. K. (2019). Lembaga Pendidikan Islam Dalam Telaah Lingkungan Strategik. Jurnal Tinta, 1(2), 16-29.
  18. Umam, M. K. (2019). PERDAGANGAN ETHEREUM DI INDODAX EXCHANGE DALAM PERSFEKTIF SYARIAH. ISTITHMAR: Journal of Islamic Economic Development, 3(2).
  19. Umam, M. K. (2019). STUDI KOMPARATIF PARADIGMA TEORI BELAJAR KONVENSIONAL BARAT DENGAN TEORI BELAJAR ISLAM. Al-Hikmah: Jurnal Kependidikan Dan Syariah, 7(2), 57-80.
  20. Umam, M. K. (2019, November). Innovation of Transformative Islamic Education Strategy. In Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars (Vol. 3, No. 1, pp. 510-521).
  21. Umam, M. K. (2020). DINAMISASI MANAJEMEN MUTU PERSFEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. Al-Hikmah: Jurnal Kependidikan Dan Syariah, 8(1), 61-74.
  22. Umam, M. K. (2020). IMPLEMENTASI TEORI BRUNER UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS V MI THOLIBIN PADA OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT. el-Mubtada: Journal of Elementary Islamic Education, 1(2).
  23. Umam, M. K. (2020). INTEGRASI NILAI-NILAI KE-ISLAMAN DALAM PEMBELAJARAN MAKHLUK HIDUP DI SMA MAMBA’US SHOLIHIN TERPADU BLITAR. SAMAWAT, 3(2).
  24. Umam, M. K. (2020). KECERDASAN SPIRITUAL DITINJAU DARI NILAI NILAI PROFETIK. SAMAWAT, 3(1).
  25. Umam, M. K. (2020). KONSEP PEMBELAJARAN MATEMATIKA BILANGAN CACAH SEKOLAH DASAR. el-Mubtada: Journal of Elementary Islamic Education, 2(1).
  26. Umam, M. K. (2020). PARADIGMA SIMTOMA JIWA SEBAGAI METODE MEMAHAMI KOGNISI PESERTA DIDIK. Aá¹­fá¾±l: Scientific Journal of Early Childhood Education, 1(1).
  27. Umam, M. K. (2020). PENERAPAN METODE ARTIKULASI EKONOMI (Studi Kasus Di MAN Kota Blitar). ASSYARIAH, 1(1), 55-66.
  28. Zuhriyah, N., Hanur, B. S., & Umam, M. K. (2020). DAYA TARIK PEMBELAJARAN DENGAN MULTIMEDIA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF. el-Mubtada: Journal of Elementary Islamic Education, 1(2).