KUALIFIKASI PERAWI DAN METODE DALAM PROSES TRANSMISI HADITS

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

M. Lutfi Abdul Manaf
M. Fath Ervan Zulfa
M. Nasirudin

Abstract

Salah satu keistimewaan periwayatan dalam Islam adalah adanya keharusan persambungan dalam sanadnya, mulai dari periwayat tingkat yang disandari oleh mukharrij sampai kepada periwayat tingkat sahabat yang menerima hadits yang bersangkutan dari Nabi SAW, yang semuanya itu harus diterima dari periwayat yang adil dan dabit. Dalam menerima hadits tidak disyaratkan seorang harus muslim dan baligh. Namun ketika menyampaikannya, disyaratkan harus Islam dan baligh. Maka diterima riwayat seorang muslim yang baligh dari hadits yang diterimanya sebelum masuk Islam atau sebelum baligh, dengan syarat tamyiz atau dapat membedakan (yang haq dan yang bathil) sebelum baligh. Sebagian ulama memberikan batasan minimal berumur lima tahun.
Keywords: Sanad, Rawi, Hadist

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Author Biographies

M. Lutfi Abdul Manaf, STAI Badrus Sholeh Kediri

PBA

M. Fath Ervan Zulfa, STAI Badrus Sholeh Kediri

ES

M. Nasirudin, STAI Badrus Sholeh Kediri

PBA
How to Cite
Manaf, M. Lutfi Abdul, M. Fath Ervan Zulfa, and M. Nasirudin. “KUALIFIKASI PERAWI DAN METODE DALAM PROSES TRANSMISI HADITS”. SAMAWAT: Journal Of Hadith and Qur’anic Studies 4, no. 1 (September 11, 2020). Accessed November 14, 2025. https://ejournal.badrussholeh.ac.id/index.php/samawat/article/view/208.

References

  1. ----------, Diklat Ulumul Hadis, Tulungagung, STAIN Tulungagung, 2002.
  2. ----------, Kaedah Kesahihan Sanad Hadis: Telaah Kritis dan Tinjauan Dengan Pendekatan Ilmu Sejarah, Jakarta: Bulan Bintang, 1995.
  3. Al-Khatib, Muhammad 'Ajjaj, Usul al-Hadis 'Ulumuhwa Mustalahuh, Beirut: Dar al-Fikr, 1989.
  4. Ash-Shiddieqy, Hasbi, Pokok-pokok Ilmu Dinayah Hadis, Jakarta: Bulan Bintang, 1976.
  5. Hanur, B. S. A., Umam, M. K., & Zuhriyah, N. (2020). MEMANTIK PERKEMBANGAN FISIK MOTORIK ANAK USIA DINI MELALUI PEMBERIAN GIZI SEIMBANG DALAM PERSFEKTIF AL QURAN DAN HADIST. SAMAWAT, 3(2).
  6. Ibn As-Shalah, Ibn Abdurrahman Asy-Syahrazuwariy, 'Ulum al-Hadis, Madinah: Maktabah al-Ilmiyyah, 1996.
  7. Ismail, M. Syuhudi , Ilmu Hadis, Bandung: Angkasa, 1991.
  8. Ismail, Syuhudi, Kaedah Kesahihan Sanad Hadis, Jakarta: Bulan Bintang, 1988.
  9. Muliati, B., & Umam, M. K. (2019). Phenomenon Of Changes In Increasing Development Of Students In Basic School. MIDA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(1), 96-105.
  10. Muliati, B., Umam, M. K., & Purwasih, G. D. (2020). KONSEP DASAR PENDIDIKAN SENI RUPA MADRASAH IBTIDAIYAH. el-Mubtada: Journal of Elementary Islamic Education, 1(2).
  11. Noorhidayati, Salamah, Ar-Riwayah bi Al-Ma'na (Studi tentang Metode Periwayatan Hadis), Yogyakarta: Fak. Ushuluddin, 1998.
  12. Rahman, Fatchur, Ikhtisar Mushtalah al Hadis, Bandung: Al Ma'arif, 1995.
  13. Rayyah, Mahmud Abu, Adlwa 'Ala as-Sunnah al-Muhammadiyyah Auw Difa' al-Hadis, Mesir: Dar al-Ma'arif, tt.
  14. Rohmawati, A., Umam, M. K., & Alaydrus, M. F. (2020). STRATEGI PEMBELAJARAN YANG BERORIENTASI PADA AKTIVITAS PESERTA DIDIK. el-Mubtada: Journal of Elementary Islamic Education, 1(2).
  15. Shatih, Subhi, Ulumul al-hadis wa Mustalahuh, Beirut: Dar al-Ilm li al-Malayin, 1988.
  16. Suparta, Munzier, Ilmu Hadis, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2002.
  17. Umam, M. K. (2017). Analisis Lingkungan Strategik Dalam Corak Penyelenggaraan Pendidikan Islam. Al-Hikmah: Jurnal Kependidikan Dan Syariah, 5(1), 1-8.
  18. Umam, M. K. (2017, May). Strategi Alternatif Memajukan Lembaga Pendidikan Islam di Pedesaan Berbasis Sekolah Excellent Perspektif Kompetitif Kotemporer. In Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars (No. Seri 2, pp. 769-776).
  19. Umam, M. K. (2018). Imam Para Nabi: Menelusur Jejak Kepemimpinan dan Manajerial Nabi Muhammad saw. Al-Hikmah: Jurnal Kependidikan Dan Syariah, 6(1), 59-74.
  20. Umam, M. K. (2018). Reconstruction of Integrative Islamic Education in The.
  21. Umam, M. K. (2018). Rekonstruksi Pendidikan Islam Integrasi Dalam Kerangka Pendidikan Profetik Transformatif.
  22. Umam, M. K. (2018). STRATEGI ALTERNATIF MEMAJUKAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI PEDESAAN BERBASIS SEKOLAH EXCELLENT.
  23. Umam, M. K. (2018). STRATEGI INTELEKTUALISASI PROGESIFITAS MANHAJUL AL FIKR KADER AN-NAHDLIYAH.
  24. Umam, M. K. (2018, April). Reconstruction of Integrative Islamic Education in The Transformative Profetical Education Framework. In Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars (No. Series 1, pp. 511-520).
  25. Umam, M. K. (2018, February). Paradigma Pendidikan Profetik dalam Pendekatan Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtida'iyah. In PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education (Vol. 3, No. 1, pp. 120-132).
  26. Umam, M. K. (2019). DIMENSI KEPEMIMPINAN TRANSFORMATIF ERA DISRUPSI PERSPEKTIF MANAJERIAL BIROKRASI. AL-WIJDÃ N: Journal of Islamic Education Studies, 4(2), 127-146.
  27. Umam, M. K. (2019). KOMITE MADRASAH DALAM KONTEKS MANAJEMEN MUTU TERPADU PENDIDIKAN ISLAM. Al-Hikmah: Jurnal Kependidikan Dan Syariah, 7(1), 39-56.
  28. Umam, M. K. (2019). Lembaga Pendidikan Islam Dalam Telaah Lingkungan Strategik. Jurnal Tinta, 1(2), 16-29.
  29. Umam, M. K. (2019). Penggunaan metode Jaritmatika dalam meningkatkan motivasi belajar. Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 45-68.
  30. Umam, M. K. (2019). Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Manajemen Peserta Didik. Al-Hikmah: Jurnal Kependidikan Dan Syariah, 6(2), 62-76.
  31. Umam, M. K. (2019). PERDAGANGAN ETHEREUM DI INDODAX EXCHANGE DALAM PERSFEKTIF SYARIAH. ISTITHMAR: Journal of Islamic Economic Development, 3(2).
  32. Umam, M. K. (2019). STUDI KOMPARATIF PARADIGMA TEORI BELAJAR KONVENSIONAL BARAT DENGAN TEORI BELAJAR ISLAM. Al-Hikmah: Jurnal Kependidikan Dan Syariah, 7(2), 57-80.
  33. Umam, M. K. (2019, November). Innovation of Transformative Islamic Education Strategy. In Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars (Vol. 3, No. 1, pp. 510-521).
  34. Umam, M. K. (2020). DINAMISASI MANAJEMEN MUTU PERSFEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. Al-Hikmah: Jurnal Kependidikan Dan Syariah, 8(1), 61-74.
  35. Umam, M. K. (2020). IMPLEMENTASI TEORI BRUNER UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS V MI THOLIBIN PADA OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT. el-Mubtada: Journal of Elementary Islamic Education, 1(2).
  36. Umam, M. K. (2020). INTEGRASI NILAI-NILAI KE-ISLAMAN DALAM PEMBELAJARAN MAKHLUK HIDUP DI SMA MAMBA’US SHOLIHIN TERPADU BLITAR. SAMAWAT, 3(2).
  37. Umam, M. K. (2020). KECERDASAN SPIRITUAL DITINJAU DARI NILAI NILAI PROFETIK. SAMAWAT, 3(1).
  38. Umam, M. K. (2020). KONSEP PEMBELAJARAN MATEMATIKA BILANGAN CACAH SEKOLAH DASAR. el-Mubtada: Journal of Elementary Islamic Education, 2(1).
  39. Umam, M. K. (2020). PARADIGMA SIMTOMA JIWA SEBAGAI METODE MEMAHAMI KOGNISI PESERTA DIDIK. Aá¹­fá¾±l: Scientific Journal of Early Childhood Education, 1(1).
  40. Umam, M. K. (2020). PENERAPAN METODE ARTIKULASI EKONOMI (Studi Kasus Di MAN Kota Blitar). ASSYARIAH, 1(1), 55-66.
  41. Umam, M. K. (2020). SCHOOL HEAD STRATEGY IN INCREASING THE QUALITY OF EDUCATION IN SDIT AL-ARIF FROM THE PRASARANA MEANS STANDARD. el-Mubtada: Journal of Elementary Islamic Education, 1(1).
  42. Umam, M.; Hanur, B. and Ulumudin, M. (2018). Strategic Analysis of Human Resources In Modernity Culture Development of Moslem Scholar in Islamic Education Institutions.In Proceedings of the 1st International Conference on Recent Innovations - Volume 1: ICRI, ISBN 978-989-758-458-9, pages 742-748. DOI: 10.5220/0009915607420748
  43. Zuhri, Muh. Hadis Nabi Telaah Historis dan Metodologi, Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya, 2003.
  44. Zuhriyah, N., Hanur, B. S., & Umam, M. K. (2020). DAYA TARIK PEMBELAJARAN DENGAN MULTIMEDIA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF. el-Mubtada: Journal of Elementary Islamic Education, 1(2).