PEMBELAJARAN AWAL KONSEP PERKALIAN ILMU HITUNG MENGGUNAKAN MEDIA RAINBOW PADA ANAK USIA DINI

Penulis

  • Via Amalia Sekolah Tinggi Agama Islam Badrus Sholeh Kediri

Abstrak

Ilmu hitung telah dianggap materi belajar-mengajar paling menyeramkan, sehingga banyak anak-anak kurang tertarik agar dapat mempelajarinya, salah satunya yaitu materi tentang perkalian. Oleh sebab itu pada belajar-mengajar di sekolah dasar kelas rendah guru harus memberikan kondisi belajar-mengajar  nyata. Penelitian ini bertujuan agar dapat mengetahui kemampuan anak dalam pengenalan konsep bilangan pada anak usia 6-7 tahun di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan diuraikan dalam bentuk diskriptif. Berdasarkan Hasil penelitan menunjukkan bahwa pengenalan konsep perkalian menggunakan  rainbow membuat anak didik tidak takut lagi belajar ilmu hitung dan belajar-mengajar ilmu hitung jadi menyenangkan dan perkembangan kognitif anak didik menjadi berkembang karena media  rainbow ini memberikan bentuk konkrit dari konsep perkalian,  salah satu konsepnya yaitu penjumlahan  berulang.

Biografi Penulis

Via Amalia, Sekolah Tinggi Agama Islam Badrus Sholeh Kediri

pgmi

Referensi

Abin, Samsudin Makmun. (2017). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT ROSDA Karya Remaja.

Amar, D., Acevedo, G. A., & Cordova, A. (2013). Affordances In The Home Environment For Motor Development: A Cross-Cultural Study Between American and Lebanese Children. Hindawi Publishing Corporation, 3(1), 5. https://doi.org/10.31004/2013/152094

Ani, A., Maulana, M., & Sunaengsih, C. (2018). Pentingnya media Pembelajaran terhadap perkembangan anak usia dini. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 971–980.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali pers Depdiknas. 2003. Pedoman penulisan modul. Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan. Jakarta

Umam, M. K. (2017). Analisis Lingkungan Strategik Dalam Corak Penyelenggaraan Pendidikan Islam. Jurnal Al-Hikmah, 5(1), 1-8.

Umam, M. K. (2017, May). Strategi Alternatif Memajukan Lembaga Pendidikan Islam di Pedesaan Berbasis Sekolah Excellent Perspektif Kompetitif Kotemporer. In Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars (No. Seri 2, pp. 769-776).

Umam, M. K. (2018). Imam Para Nabi: Menelusur Jejak Kepemimpinan dan Manajerial Nabi Muhammad saw. Jurnal Al-Hikmah, 6(1), 59-74.

Umam, M. K. (2018). Rekonstruksi Pendidikan Islam Integrasi Dalam Kerangka Pendidikan Profetik Transformatif.

Umam, M. K. (2018). STRATEGI INTELEKTUALISASI PROGESIFITAS MANHAJUL AL FIKR KADER AN-NAHDLIYAH.

Umam, M. K. (2018, April). Reconstruction of Integrative Islamic Education in The Transformative Profetical Education Framework. In Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars (No. Series 1, pp. 511-520).

Umam, M. K. (2018, February). Paradigma Pendidikan Profetik dalam Pendekatan Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtida'iyah. In PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education (Vol. 3, No. 1, pp. 120-132).

Umam, M. K. (2019). DIMENSI KEPEMIMPINAN TRANSFORMATIF ERA DISRUPSI PERSPEKTIF MANAJERIAL BIROKRASI. AL-WIJDÃ N: Journal of Islamic Education Studies, 4(2), 127-146.

Umam, M. K. (2019). KOMITE MADRASAH DALAM KONTEKS MANAJEMEN MUTU TERPADU PENDIDIKAN ISLAM. Jurnal Al-Hikmah, 7(1), 39-56.

Umam, M. K. (2019). Lembaga Pendidikan Islam Dalam Telaah Lingkungan Strategik. Jurnal Tinta, 1(2), 16-29.

Umam, M. K. (2019). Penggunaan Metode Jaritmatika Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 45-68.

Umam, M. K. (2019). Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Manajemen Peserta Didik. Jurnal Al-Hikmah, 6(2), 62-76.

Umam, M. K. (2019). SCHOOL HEAD STRATEGY IN INCREASING THE QUALITY OF EDUCATION IN SDIT AL-ARIF FROM THE PRASARANA MEANS STANDARD. el-Mubtada: Journal of Elementary Islamic Education, 1(1).

Umam, M. K. (2019). STUDI KOMPARATIF PARADIGMA TEORI BELAJAR KONVENSIONAL BARAT DENGAN TEORI BELAJAR ISLAM. Jurnal Al-Hikmah, 7(2), 57-80.

Umam, M. K. (2020). DINAMISASI MANAJEMEN MUTU PERSFEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. Jurnal Al-Hikmah, 8(1), 61-74.

Umam, M. K. INNOVATION OF TRANSFORMATIVE ISLAMIC EDUCATION STRATEGY.

Widyastuti, R. (2010). Hubungan motivasi belajar dan hasil tes intelegensi dengan prestasi belajar (Doctoral dissertation, Universitas Sebelas Maret Surakarta).

Winarno, M. E. (1995). Belajar Motorik. Malang: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Wirawan, S. (2013). Pengantar psikologi umum. Jakarta, Raja Grafindo Persada.

Yusuf, S. (2011). Psikologi perkembangan anak dan remaja. PT Remaja Rosdakaryam.

Ulumudin, M. I., & Chalida, N. (2019). ANALISIS PENCAPAIAN STANDAR PELAYANAN MINIMUM PENDIDIKAN DASAR SEMBILAN TAHUN DI KABUPATEN BLITAR. Jurnal Al-Hikmah, 7(2), 20-28.

Manaf, L. A., & Nasirudin, M. (2018). المواد الدراسية لغرض (Matrikulasi) لدى الطلاب المعيين ÙÙŠ الص٠العاشر من المدرسة الثانوية الإسلامية. Jurnal Al-Hikmah, 6(1), 107-114.‎

Ulumudin, M. I., & Affandi, A. (2018). (التراد٠وتعليم اللغة العربية (دراسة وصÙية تطويرية. Jurnal Al-Hikmah, 6(2), 77-87.‎

Ulumudin, M. I. (2018). بنية المعرÙØ© الإسلامية عند عابد الجابري. Jurnal Al-Hikmah, 6(1), 115-125.‎

Affandi, A., & Ulummudin, M. I. (2020). KONSEP NILAI NILAI PEMIKIRAN KH. HASYIM AS’ARI DALAM PENDIDIKAN AKHLAK. Al-Hikmah: Jurnal Kependidikan Dan Syariah, 8(1), 95-106.

Sholihah, I., & Zulfa, F. E. (2019). PENINGKATAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA MELALUI PENDIDIKAN. Jurnal Al-Hikmah, 7(2), 33-46.

Mahmudah, S. N., & Zulfa, F. E. (2018). PENGARUH ZAKAT MAAL TERHADAP TINGKAT KESEJAHTERAAN MUSTAHIQ DI YATIM MANDIRI KEDIRI. Jurnal Al-Hikmah, 6(1), 75-97.

Chalida, N. (2017). Pemikiran Hasbi Ash-Siddieqy Tentang Hadis. Jurnal Al-Hikmah, 5(2), 89-98.

Chalida, N. (2016). Bedah Pe mikiran Ibnu ‘Āsyur dalam MaqÄsid Syarī’ah al-IslÄmiyyah: MaqÄsid Syarī’ah Sebagai Pisau Analisis Pembacaan Hadis. Jurnal Al-Hikmah, 3(2).

Chalida, N. (2016). REKONSTRUKSI FIQH: TAWARAN METODOLOGIS MUH {AMMAD SYAH {RÛR. Jurnal Al-Hikmah, 4(2), 87-100.

Badrus, N. C. (2019). PEMIKIRAN AL-SHAUKANI TENTANG HADITS. Jurnal Al-Hikmah, 6(2), 22-26.

Hanur, B. S. A., & Fatimah, F. (2017, May). Dari Pesantren untuk PIAUD. In Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars (No. Seri 2, pp. 898-908).

Hanur, B. S. A., & Widayati, T. (2019). Character Building Di Abad 12 Masehi: Kajian Dan Analisis Pendidikan Akhlak dalam Kitab Ta’lim Muta’Alim. Journal of Childhood Education, 2(1).

Hanur, B. S., & Avif, S. (2019). MELAYANI DENGAN HATI: Menghapus Diskriminasi dan Segregesi antara Anak Reguler dengan Anak Berkebutuhan Khusus melalui Sekolah inklusif YBPK Kota Kediri. Jurnal Al-Hikmah, 6(2), 27-40.

Unduhan

Diterbitkan

2020-03-29