METODE PERKALIAN KEKINIAN UNTUK ANAK MADRASAH IBTIDAIYAH

Penulis

  • Atik Milatina Agustin Sekolah Tinggi Agama Islam Badrus Sholeh Kediri
  • Nusratu Zaidah Sekolah Tinggi Agama Islam Badrus Sholeh Kediri
  • Siti Mutiah Sekolah Tinggi Agama Islam Badrus Sholeh Kediri

Abstrak

dipelajari siswa mulai jenjang pendidikan dasar. Bagi sebagian siswa Matematika bukanlah mata pelajaran yang menyenangkan, bahkan ada yang menganggapnya sebagai pelajaran yang menakutkan. Namun fakta di lapangan berbeda. Guru mengajar dengan menerangkan  kemudian  memberikan  tugas. Hal ini membuat pembelajaran menjadi menjenuhkan,  membuat siswa tidak bersemangat,  keaktifan siswa kurang,  dan prestasi belajar siswa menjadi rendah. Peneliti selanjutnya merumuskan masalah penelitian sebagai berikut: Apa yang dimaksud dengan hakikat Active Learning, Bagaimana strategi pembelajaran Matematika di SD/ MI, dan Apa pengaruh permainan Matematika pada anak.

Biografi Penulis

Atik Milatina Agustin, Sekolah Tinggi Agama Islam Badrus Sholeh Kediri

PGMI

Nusratu Zaidah, Sekolah Tinggi Agama Islam Badrus Sholeh Kediri

PGMI

Siti Mutiah, Sekolah Tinggi Agama Islam Badrus Sholeh Kediri

PGMI

Referensi

Affandi, A., & Ulummudin, M. I. (2020). KONSEP NILAI NILAI PEMIKIRAN KH. HASYIM AS’ARI DALAM PENDIDIKAN AKHLAK. Al-Hikmah: Jurnal Kependidikan Dan Syariah, 8(1), 95-106.

Badrus, N. C. (2019). PEMIKIRAN AL-SHAUKANI TENTANG HADITS. Jurnal Al-Hikmah, 6(2), 22-26.

Chalida, N. (2016). Bedah Pe mikiran Ibnu ‘Āsyur dalam MaqÄsid Syarī’ah al-IslÄmiyyah: MaqÄsid Syarī’ah Sebagai Pisau Analisis Pembacaan Hadis. Jurnal Al-Hikmah, 3(2).

Chalida, N. (2016). REKONSTRUKSI FIQH: TAWARAN METODOLOGIS MUH {AMMAD SYAH {RÛR. Jurnal Al-Hikmah, 4(2), 87-100.

Chalida, N. (2017). Pemikiran Hasbi Ash-Siddieqy Tentang Hadis. Jurnal Al-Hikmah, 5(2), 89-98.

Driden Gordon dan Jean Nette Fos, alih bahasa: Ahmad Baikhuni, The Learning Revolution,(bandung: kaifa 2001)

http://jurnal.unma.ac.idefektifitaspembelajaranmatematikapadaperkalianmelaluimetodejarimatika

http://media.neliti.commengajarkan-perkalian-di-kelas-ii-sdmi -d-c6d996ac.pdf

Mahmudah, S. N., & Zulfa, F. E. (2018). PENGARUH ZAKAT MAAL TERHADAP TINGKAT KESEJAHTERAAN MUSTAHIQ DI YATIM MANDIRI KEDIRI. Jurnal Al-Hikmah, 6(1), 75-97.

Manaf, L. A., & Nasirudin, M. (2018). المواد الدراسية لغرض (Matrikulasi) لدى الطلاب المعيين ÙÙŠ الص٠العاشر من المدرسة الثانوية الإسلامية. Jurnal Al-Hikmah, 6(1), 107-114.‎

Muliati, B., & Umam, M. K. (2019). Phenomenon Of Changes In Increasing Development Of Students In Basic School. MIDA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(1), 96-105.

Ruseffendi,Dasar- dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang non Eksata lainnya( Semarang: IKIP semarang Press 1994)

Sholihah, I., & Zulfa, F. E. (2019). PENINGKATAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA MELALUI PENDIDIKAN. Jurnal Al-Hikmah, 7(2), 33-46.

Slameto, belajar dan factor- factor yang mempengaruhinya( Jakarta: Bima Aksara 1998)

Sriyono, Tekhnik Belajar Mengajar dalam CBSA( Jakarta: PT. Rineka Cipta: 1992)

Ulumudin, M. I. (2018). بنية المعرÙØ© الإسلامية عند عابد الجابري. Jurnal Al-Hikmah, 6(1), 115-125.‎

Ulumudin, M. I., & Affandi, A. (2018). (التراد٠وتعليم اللغة العربية (دراسة وصÙية تطويرية. Jurnal Al-Hikmah, 6(2), 77-87.‎

Ulumudin, M. I., & Chalida, N. (2019). ANALISIS PENCAPAIAN STANDAR PELAYANAN MINIMUM PENDIDIKAN DASAR SEMBILAN TAHUN DI KABUPATEN BLITAR. Jurnal Al-Hikmah, 7(2), 20-28.

Umam, M. K. (2017). Analisis Lingkungan Strategik Dalam Corak Penyelenggaraan Pendidikan Islam. Jurnal Al-Hikmah, 5(1), 1-8.

Umam, M. K. (2017, May). Strategi Alternatif Memajukan Lembaga Pendidikan Islam di Pedesaan Berbasis Sekolah Excellent Perspektif Kompetitif Kotemporer. In Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars (No. Seri 2, pp. 769-776).

Umam, M. K. (2018). Imam Para Nabi: Menelusur Jejak Kepemimpinan dan Manajerial Nabi Muhammad saw. Jurnal Al-Hikmah, 6(1), 59-74.

Umam, M. K. (2018). Rekonstruksi Pendidikan Islam Integrasi Dalam Kerangka Pendidikan Profetik Transformatif.

Umam, M. K. (2018). STRATEGI INTELEKTUALISASI PROGESIFITAS MANHAJUL AL FIKR KADER AN-NAHDLIYAH.

Umam, M. K. (2018, April). Reconstruction of Integrative Islamic Education in The Transformative Profetical Education Framework. In Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars (No. Series 1, pp. 511-520).

Umam, M. K. (2018, February). Paradigma Pendidikan Profetik dalam Pendekatan Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtida'iyah. In PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education (Vol. 3, No. 1, pp. 120-132).

Umam, M. K. (2019). DIMENSI KEPEMIMPINAN TRANSFORMATIF ERA DISRUPSI PERSPEKTIF MANAJERIAL BIROKRASI. AL-WIJDÃ N: Journal of Islamic Education Studies, 4(2), 127-146.

Umam, M. K. (2019). KOMITE MADRASAH DALAM KONTEKS MANAJEMEN MUTU TERPADU PENDIDIKAN ISLAM. Jurnal Al-Hikmah, 7(1), 39-56.

Umam, M. K. (2019). Lembaga Pendidikan Islam Dalam Telaah Lingkungan Strategik. Jurnal Tinta, 1(2), 16-29.

Umam, M. K. (2019). Penggunaan Metode Jaritmatika Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 45-68.

Umam, M. K. (2019). Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Manajemen Peserta Didik. Jurnal Al-Hikmah, 6(2), 62-76.

Umam, M. K. (2019). SCHOOL HEAD STRATEGY IN INCREASING THE QUALITY OF EDUCATION IN SDIT AL-ARIF FROM THE PRASARANA MEANS STANDARD. el-Mubtada: Journal of Elementary Islamic Education, 1(1).

Umam, M. K. (2019). STUDI KOMPARATIF PARADIGMA TEORI BELAJAR KONVENSIONAL BARAT DENGAN TEORI BELAJAR ISLAM. Jurnal Al-Hikmah, 7(2), 57-80.

Umam, M. K. (2020). DINAMISASI MANAJEMEN MUTU PERSFEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. Jurnal Al-Hikmah, 8(1), 61-74.

Umam, M. K. INNOVATION OF TRANSFORMATIVE ISLAMIC EDUCATION STRATEGY.

Widyastuti, R. (2010). Hubungan motivasi belajar dan hasil tes intelegensi dengan prestasi belajar (Doctoral dissertation, Universitas Sebelas Maret Surakarta).

Winarno, M. E. (1995). Belajar Motorik. Malang: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Wirawan, S. (2013). Pengantar psikologi umum. Jakarta, Raja Grafindo Persada.

Yusuf, S. (2011). Psikologi perkembangan anak dan remaja. PT Remaja Rosdakaryam.

Unduhan

Diterbitkan

2020-03-29