PARADIGMA SIMTOMA JIWA SEBAGAI METODE MEMAHAMI KOGNISI PESERTA DIDIK
Abstrak
Proses pembelajaran tidak sekedar proses transfer of knowledge dan transfer of values melainkan perlu juga dilihat sisi psikis peserta didik. Sebab jiwa peserta didik tidaklah sama dalam menerima stimulus dalam proses pembelajaran. Disamping itu juga ada beberapa kelemahan pendidik yang tidak mengikutkan sertakan memahami gejala-gejala jiwa peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar. Sehingga penulis memunculkan pertanyaan penelitian bagaimana pendidik memahami gejala-gejala jiwa peserta didik sehingga mampu mengarahkan proses pembelajaran yang sesuai dengan fungsinya, dan serta mapu memberikan bahan pelajaran sesuai dengan kepekaan gejala jiwa peserta didik?. Untuk menjawab pertanyaan penelitian ini, peneliti mengumpulkan data melalui metode dokumentasi-observatif. Kemudian setelah data-data terkumpul, dianalisis melalui analisis isi dan analisis kritis serta disinkronkan dengan cross-check hasil observasi. Sehingga penelitian ini menghasilkan salah satu tawaran pemikiran tentang inovasi strategi yang diharapkan mampu mengembangkan kemampuan pendidik dalam proses kegiataan belajar mengajar di lembaga pendidikan.
Referensi
Afifudin, S. K., & Mawardi, S. (1988). Psikologi Pendidikan Anak Usia Sekolah Dasar. Solo: Harapan Massa.
American Medical Association. (1998). Archives of dermatology. Chicago, IL: American Medical Association
Anak, A. K. (1995). Psikologi Perkembangan. Bandung: Mandar Maju.
Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran.
Devroede, G. (1992-10). "Constipation--a sign of a disease to be treated surgically, or a symptom to be deciphered as nonverbal communication?". Journal of Clinical Gastroenterology. 15 (3): 189–191. ISSN 0192-0790. PMID 1479160
Dewi, H. (2012). Filsafat Ilmu Sebagai Saham Terbesa Dalam Revolusi Psikologi. Humanitas: Jurnal Psikologi Indonesia, 4(1).
Fazrin, I., Saputro, H., Chusnatayaini, A., & Ningrum, N. A. (2017, August). Mengembangkan Intelegensi Quotient (IQ) pada anak prasekolah dengan stimulasi keluarga dan pendidikan anak usia dini. Forum Ilmiah Kesehatan (FORIKES).
Friedrichs, R. W. (1972). Dialectical sociology: an exemplar for the 1970s. Social Forces, 50(4), 447-455.
Hakim, T. (2005). Belajar secara efektif. Niaga Swadaya.
Hariwijaya, M. (2005). Tes Intelegensi Cara Akurat Mengukur Kecerdasan Intelektual Anda.
Jannati, F. R. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Guided Inquiry dengan Metode Pictorial Riddle dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi (Sub Pokok Bahasan Alat Indera pada Manusia Siswa Kelas XI IPA 4 MAN 2 Jember Tahun Pelajaran 2014/2015).
Kaltsum, H. U. (2016). Tanggapan Perseptual Guru Bahasa Inggris di SD Se-Surakarta Terhadap Kebijakan Pelaksanaan Mata Pelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 8-16.
Kuhn, T. S. (2012). The structure of scientific revolutions. University of Chicago press.
Kurnia, I. (2007). Perkembangan Belajar Peserta Didik. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Kusuma, F. W., & Aisyah, M. N. (2012). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe think pair share untuk meningkatkan aktivitas belajar akuntansi siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Wonosari tahun ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(2).
Kwartolo, Y. (2012). Multiple Intelligences dan Implementasinya dalam Taksonomi Bloom. Jurnal Pendidikan Penabur, 18(11), 66-77.
Lippincott Williams & Wilkins., & Ovid Technologies, Inc. (1996). Diagnostic molecular pathology. New York, N.Y.: Raven Press.
Nahar, N. I. (2016). Penerapan teori belajar behavioristik dalam proses pembelajaran. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(1).
Nani, D., & Kep, S. Fisiologi Tubuh Manusia. Penebar PLUS+.
Nunsiyah, S. (2011). Proses Berpikir Siswa dalam Memecahkan Masalah Soal Cerita dengan Langkah-langkah Polya pada Pokok Bahasan Bentuk Aljabar Ditinjau Dari Perspektif Gender(Doctoral dissertation, Universitas Sebelas Maret).
Sakri, A., Kaligis, O. C., & Aly, R. (2007). Simtom politik 1965: PKI dalam perspektif pembalasan dan pengampunan. Jakarta: Kata Hasta Pustaka.
Santrock, John W. Psikologi Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2010, hal. 4-14
Snowman, Jack (1997). Educational Psychology: What Do We Teach, What Should We Teach?. "Educational Psychology", 9, 151-169
Sujiono, Y. N., Zainal, O. R., Rosmala, R., & Tampiomas, E. L. (2014). Metode pengembangan kognitif.
Surya, H. (2010). Membuat Anak Cerdas Dan Manusia Unggul. Elex Media Komputindo.
Umam, M. K. (2018, April). Reconstruction of Integrative Islamic Education in The Transformative Profetical Education Framework. In Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars (No. Series 1, pp. 511-520).
Umam, M. K. (2017, May). Strategi Alternatif Memajukan Lembaga Pendidikan Islam di Pedesaan Berbasis Sekolah Excellent Perspektif Kompetitif Kotemporer. In Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars (No. Seri 2, pp. 769-776).
Umam, M. K. (2017). Analisis Lingkungan Strategik Dalam Corak Penyelenggaraan Pendidikan Islam. Jurnal Al-Hikmah, 5(1), 1-8.
Umam, M. K. (2018, February). Paradigma Pendidikan Profetik dalam Pendekatan Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtida'iyah. In PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education (Vol. 3, No. 1, pp. 120-132).
Umam, M. K. (2019). Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Manajemen Peserta Didik. Jurnal Al-Hikmah, 6(2), 62-76.
Umam, M. K. (2018). Imam Para Nabi: Menelusur Jejak Kepemimpinan dan Manajerial Nabi Muhammad saw. Jurnal Al-Hikmah, 6(1), 59-74.
Umam, M. K. (2018). Rekonstruksi Pendidikan Islam Integrasi Dalam Kerangka Pendidikan Profetik Transformatif.
Muliati, B., & Umam, M. K. (2019). Phenomenon Of Changes In Increasing Development Of Students In Basic School. MIDA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(1), 96-105.
Umam, M. K. (2018). STRATEGI INTELEKTUALISASI PROGESIFITAS MANHAJUL AL FIKR KADER AN-NAHDLIYAH.
Umam, M. K. (2019). Penggunaan Metode Jaritmatika Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 45-68.
Umam, M. K. (2019). KOMITE MADRASAH DALAM KONTEKS MANAJEMEN MUTU TERPADU PENDIDIKAN ISLAM. Jurnal Al-Hikmah, 7(1), 39-56.
Umam, M. K. INNOVATION OF TRANSFORMATIVE ISLAMIC EDUCATION STRATEGY.
Umam, M. K. (2020). DINAMISASI MANAJEMEN MUTU PERSFEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. Jurnal Al-Hikmah, 8(1), 61-74.
Umam, M. K. (2019). SCHOOL HEAD STRATEGY IN INCREASING THE QUALITY OF EDUCATION IN SDIT AL-ARIF FROM THE PRASARANA MEANS STANDARD. el-Mubtada: Journal of Elementary Islamic Education, 1(1).
Umam, M. K. (2019). DIMENSI KEPEMIMPINAN TRANSFORMATIF ERA DISRUPSI PERSPEKTIF MANAJERIAL BIROKRASI. AL-WIJDÃ N: Journal of Islamic Education Studies, 4(2), 127-146.
Umam, M. K. (2019). STUDI KOMPARATIF PARADIGMA TEORI BELAJAR KONVENSIONAL BARAT DENGAN TEORI BELAJAR ISLAM. Jurnal Al-Hikmah, 7(2), 57-80.
Umam, M. K. (2019). Lembaga Pendidikan Islam Dalam Telaah Lingkungan Strategik. Jurnal Tinta, 1(2), 16-29.
Widyastuti, R. (2010). Hubungan motivasi belajar dan hasil tes intelegensi dengan prestasi belajar (Doctoral dissertation, Universitas Sebelas Maret Surakarta).
Winarno, M. E. (1995). Belajar Motorik. Malang: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Wirawan, S. (2013). Pengantar psikologi umum. Jakarta, Raja Grafindo Persada.
Yusuf, S. (2011). Psikologi perkembangan anak dan remaja. PT Remaja Rosdakaryam.
Ulumudin, M. I., & Chalida, N. (2019). ANALISIS PENCAPAIAN STANDAR PELAYANAN MINIMUM PENDIDIKAN DASAR SEMBILAN TAHUN DI KABUPATEN BLITAR. Jurnal Al-Hikmah, 7(2), 20-28.
Manaf, L. A., & Nasirudin, M. (2018). المواد الدراسية لغرض (Matrikulasi) لدى الطلاب المعيين ÙÙŠ الص٠العاشر من المدرسة الثانوية الإسلامية. Jurnal Al-Hikmah, 6(1), 107-114.‎
Ulumudin, M. I., & Affandi, A. (2018). (التراد٠وتعليم اللغة العربية (دراسة وصÙية تطويرية. Jurnal Al-Hikmah, 6(2), 77-87.‎
Ulumudin, M. I. (2018). بنية المعرÙØ© الإسلامية عند عابد الجابري. Jurnal Al-Hikmah, 6(1), 115-125.‎
Affandi, A., & Ulummudin, M. I. (2020). KONSEP NILAI NILAI PEMIKIRAN KH. HASYIM AS’ARI DALAM PENDIDIKAN AKHLAK. Al-Hikmah: Jurnal Kependidikan Dan Syariah, 8(1), 95-106.
Sholihah, I., & Zulfa, F. E. (2019). PENINGKATAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA MELALUI PENDIDIKAN. Jurnal Al-Hikmah, 7(2), 33-46.
Mahmudah, S. N., & Zulfa, F. E. (2018). PENGARUH ZAKAT MAAL TERHADAP TINGKAT KESEJAHTERAAN MUSTAHIQ DI YATIM MANDIRI KEDIRI. Jurnal Al-Hikmah, 6(1), 75-97.
Chalida, N. (2017). Pemikiran Hasbi Ash-Siddieqy Tentang Hadis. Jurnal Al-Hikmah, 5(2), 89-98.
Chalida, N. (2016). Bedah Pe mikiran Ibnu ‘Āsyur dalam MaqÄsid Syarī’ah al-IslÄmiyyah: MaqÄsid Syarī’ah Sebagai Pisau Analisis Pembacaan Hadis. Jurnal Al-Hikmah, 3(2).
Chalida, N. (2016). REKONSTRUKSI FIQH: TAWARAN METODOLOGIS MUH {AMMAD SYAH {RÛR. Jurnal Al-Hikmah, 4(2), 87-100.
Badrus, N. C. (2019). PEMIKIRAN AL-SHAUKANI TENTANG HADITS. Jurnal Al-Hikmah, 6(2), 22-26.