MENUMBUHKAN KONSENTRASI BELAJAR ANAK USIA DINI MELALUI BERNYANYI
Abstrak
Taman kanak-kanak (TK)/Raudlatul Athfal (RA) merupakan salah satu lembaga pendidikan yang sangat penting, karena TK adalah salah satu lembaga pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan anak usia 4-6 tahun, dimana pada usia tersebut merupakan masa peka bagi anak dalam menerima berbagai upaya perkembangan seluruh potensi anak. Berdasarkan keunikan/perbedaan tersebut timbullah berbagai permasalahan pada anak yang dapat menghambat perkembangan anak. Permasalahan itu dapat dilihat melalui perilaku anak saat mengikuti proses Pembelajaran atau pada saat anak bermain. Hasil penelitian bahwa anak kurang penyesuaian diri harus mendapatkan penanganan tidak hanya dari guru saja, melainkan juga membutuhkan dukungan dari orang tua sehingga mampu mengurangi anak yang kurang penyesuaian diri.
Referensi
Hanur, B. S. (2011). Improving the Quality in Writing Descriptive Texts of Madrasah Aliyah Students through Directed Writing Activity Strategy.(Thesis). DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM.
Hanur, B. S. (2019, November). Children for Future: Gaining Our Children Success Through Smart School of Early Childhood Education. In Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars (Vol. 3, No. 1, pp. 644-653).
Hanur, B. S. A., & Fatimah, F. (2017, May). Dari Pesantren untuk PIAUD. In Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars (No. Seri 2, pp. 898-908).
Hanur, B. S. A., & Widayati, T. (2019). Character Building Di Abad 12 Masehi: Kajian Dan Analisis Pendidikan Akhlak dalam Kitab Ta’lim Muta’Alim. Journal of Childhood Education, 2(1).
Hanur, B. S., & Avif, S. (2019). MELAYANI DENGAN HATI: Menghapus Diskriminasi dan Segregesi antara Anak Reguler dengan Anak Berkebutuhan Khusus melalui Sekolah inklusif YBPK Kota Kediri. Jurnal Al-Hikmah, 6(2), 27-40.
Muliati, B., & Umam, M. K. (2019). Phenomenon Of Changes In Increasing Development Of Students In Basic School. MIDA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(1), 96-105.
Umam, M. K. (2017). Analisis Lingkungan Strategik Dalam Corak Penyelenggaraan Pendidikan Islam. Jurnal Al-Hikmah, 5(1), 1-8.
Umam, M. K. (2017, May). Strategi Alternatif Memajukan Lembaga Pendidikan Islam di Pedesaan Berbasis Sekolah Excellent Perspektif Kompetitif Kotemporer. In Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars (No. Seri 2, pp. 769-776).
Umam, M. K. (2018). Imam Para Nabi: Menelusur Jejak Kepemimpinan dan Manajerial Nabi Muhammad saw. Jurnal Al-Hikmah, 6(1), 59-74.
Umam, M. K. (2018). Rekonstruksi Pendidikan Islam Integrasi Dalam Kerangka Pendidikan Profetik Transformatif.
Umam, M. K. (2018). STRATEGI INTELEKTUALISASI PROGESIFITAS MANHAJUL AL FIKR KADER AN-NAHDLIYAH.
Umam, M. K. (2018, April). Reconstruction of Integrative Islamic Education in The Transformative Profetical Education Framework. In Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars (No. Series 1, pp. 511-520).
Umam, M. K. (2018, February). Paradigma Pendidikan Profetik dalam Pendekatan Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtida'iyah. In PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education (Vol. 3, No. 1, pp. 120-132).
Umam, M. K. (2019). DIMENSI KEPEMIMPINAN TRANSFORMATIF ERA DISRUPSI PERSPEKTIF MANAJERIAL BIROKRASI. AL-WIJDÃ N: Journal of Islamic Education Studies, 4(2), 127-146.
Umam, M. K. (2019). KOMITE MADRASAH DALAM KONTEKS MANAJEMEN MUTU TERPADU PENDIDIKAN ISLAM. Jurnal Al-Hikmah, 7(1), 39-56.
Umam, M. K. (2019). Lembaga Pendidikan Islam Dalam Telaah Lingkungan Strategik. Jurnal Tinta, 1(2), 16-29.
Umam, M. K. (2019). Penggunaan Metode Jaritmatika Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 45-68.
Umam, M. K. (2019). Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Manajemen Peserta Didik. Jurnal Al-Hikmah, 6(2), 62-76.
Umam, M. K. (2019). SCHOOL HEAD STRATEGY IN INCREASING THE QUALITY OF EDUCATION IN SDIT AL-ARIF FROM THE PRASARANA MEANS STANDARD. el-Mubtada: Journal of Elementary Islamic Education, 1(1).
Umam, M. K. (2019). STUDI KOMPARATIF PARADIGMA TEORI BELAJAR KONVENSIONAL BARAT DENGAN TEORI BELAJAR ISLAM. Jurnal Al-Hikmah, 7(2), 57-80.
Umam, M. K. (2020). DINAMISASI MANAJEMEN MUTU PERSFEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. Jurnal Al-Hikmah, 8(1), 61-74.
Umam, M. K. INNOVATION OF TRANSFORMATIVE ISLAMIC EDUCATION STRATEGY.
Ulumudin, M. I., & Chalida, N. (2019). ANALISIS PENCAPAIAN STANDAR PELAYANAN MINIMUM PENDIDIKAN DASAR SEMBILAN TAHUN DI KABUPATEN BLITAR. Jurnal Al-Hikmah, 7(2), 20-28.
Manaf, L. A., & Nasirudin, M. (2018). المواد الدراسية لغرض (Matrikulasi) لدى الطلاب المعيين ÙÙŠ الص٠العاشر من المدرسة الثانوية الإسلامية. Jurnal Al-Hikmah, 6(1), 107-114.‎
Ulumudin, M. I., & Affandi, A. (2018). (التراد٠وتعليم اللغة العربية (دراسة وصÙية تطويرية. Jurnal Al-Hikmah, 6(2), 77-87.‎
Ulumudin, M. I. (2018). بنية المعرÙØ© الإسلامية عند عابد الجابري. Jurnal Al-Hikmah, 6(1), 115-125.‎
Affandi, A., & Ulummudin, M. I. (2020). KONSEP NILAI NILAI PEMIKIRAN KH. HASYIM AS’ARI DALAM PENDIDIKAN AKHLAK. Al-Hikmah: Jurnal Kependidikan Dan Syariah, 8(1), 95-106.
Sholihah, I., & Zulfa, F. E. (2019). PENINGKATAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA MELALUI PENDIDIKAN. Jurnal Al-Hikmah, 7(2), 33-46.
Mahmudah, S. N., & Zulfa, F. E. (2018). PENGARUH ZAKAT MAAL TERHADAP TINGKAT KESEJAHTERAAN MUSTAHIQ DI YATIM MANDIRI KEDIRI. Jurnal Al-Hikmah, 6(1), 75-97.
Chalida, N. (2017). Pemikiran Hasbi Ash-Siddieqy Tentang Hadis. Jurnal Al-Hikmah, 5(2), 89-98.
Chalida, N. (2016). Bedah Pe mikiran Ibnu ‘Āsyur dalam MaqÄsid Syarī’ah al-IslÄmiyyah: MaqÄsid Syarī’ah Sebagai Pisau Analisis Pembacaan Hadis. Jurnal Al-Hikmah, 3(2).
Chalida, N. (2016). REKONSTRUKSI FIQH: TAWARAN METODOLOGIS MUH {AMMAD SYAH {RÛR. Jurnal Al-Hikmah, 4(2), 87-100.
Badrus, N. C. (2019). PEMIKIRAN